Instalasi Jaringan Briker

Topologi

Gambar diatas menunjukkan posisi Briker dalam jaringan TCP/IP. Briker dapat dilengkapi hardware khusus sehingga dapat dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi analog maupun digital yang sudah ada. Hardware untuk melengkapi Briker pada bagian Perangkat VoIP.
Topologi yang sama dapat diterapkan pada lokasi lain dan antar Briker dapat saling terhubung, kondisi ini disebut dengan trunking. Jumlah trunk secara teori bergantung pada jumlah bandwidth yang tersedia dan processor mesin yang menjalankan Briker. Selain dihubungkan dengan sesama Briker, Briker pun dapat dihubungkan dengan VoIP Server lainnya seperti VoIP Rakyat. Bahkan, karena Briker multi-protocol, dapat juga dihubungkan dengan jaringan berbasis H.323, contohnya VoIP Merdeka apabila masih ada.

Trunk SIP

  1. Dalam menu IPPBX Administration, pilih menu Trunks lalu pilih Add SIP Trunk
  2. Isi pada bagian Outgoing Settings dan Register String seperti gambar di bawah ini
    Keterangan :
    Isi dengan data account dari server lain. Tambahkan opsi-opsi khusus bila dirasa perlu, misal terjadi kegagalan sambung atau tidak dapat menerima dan membuat panggilan melalui trunk. Opsi-opsi khusus tersebut antara lain :
    • context = from-trunk
    • qualify = yes
    • insecure = port,invite
    • authuser = (sama dengan isi user atau sesuai kebutuhan trunk-nya)
    • fromuser = (sama dengan isi user atau sesuai kebutuhan trunk-nya)
    • fromdomain = (sama dengan host atau sesuai kebutuhan trunk-nya)
      Register String diambil data-datanya dari Outgoing Settings, format:
      username:secret@<Trunk Name>
      Untuk menyimpan konfigurasi tekan tombol Submit Changes

Fitur Briker

Briker IPPBX Core

  • Multiple VoIP protocol supported: SIP, IAX2 , H.323
  • Multiple analog and digital telephony device supported
  • Multiple voice codec supported: ulaw, alaw, gsm, g723, g729
  • Multiple video codec supported: h264, h263p, h263, h261
  • Voice and video calling and conference
  • Unlimited registered accounts

IPPBX Administration

  • Outbound and Inbound routing
  • Analog, digital and IP trunks support
  • ENUM lookup support
  • Interactive Voice Response (IVR) system
  • Automatic Call Distribution (ACD)
  • Ring Group
  • Call forwarding and follow me
  • Voice-mail configuration
  • Direct Inward System Access (DISA)
  • Music on hold
  • Secure authenticated call termination by pin sets

Billing Administration

  • Prepaid and postpaid billing
  • Auto refill balance, recurring service
  • Multiple currency supported
  • Call Detail Records (CDR)
  • Least Cost Routing (LCR)
  • Progressive billing
  • Export report to PDF & CSV
  • Generate invoices to PDF format

Server Administration

  • User and groups configuration
  • Date/time configuration
  • DHCP server configuration on web
  • Web based Network configuration
  • Reboot and shutdown server from web

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Firewall pada Jaringan VoIP

Next Dial Plan

Instalasi Briker